Cooling pad atau cooler laptop merupakan salah satu aksesoris laptop yang berfungsi untuk menurunkan suhu laptop agar tidak terlalu panas ketika digunakan berjam-jam. Dengan cara mengalirkan sirkulasi udara dan memberikan sensasi dingin pada komponen-komponen di dalam laptop. Cooling pad sangat berguna untuk mencegah overheat pada laptop juga kerusakan pada komponen dalam laptop.

Berikut beberapa tips bagaimana memilih cooling pad yang bagus dan sesuai dengan laptop Anda:

a. Sebaiknya pilih cooling pad yang dapat dipindahkan

Cooling pad yang dapat dipindahkan akan memudahkan untuk menaruh kipas di bagian yang perlu diturunkan suhunya. Namun jika tidak ada, cooling pad yang letak kipasnya tepat berada dibawah ventilasi atau lubang laptop juga dapat dipilih. Agar terjadi pergerakan udara sehingga suhu laptop dapat menurun.

b. Ukuran kipas

Ukuran kipas yang lebih besar akan menghembuskan angin yang lebih besar sehingga kemampuan untuk menurunkan suhu laptop lebih efisien. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memilih ukuran kipas yang lebih besar.

c. Jumlah kipas

Selain ukuran, jumlah kipas juga menentukan kemampuan cooling pad untuk menurunkan suhu laptop dan meningkatkan kemungkinan kipas untuk menghembuskan angin pada ventilasi yang tepat. Sehingga, disarankan untuk membeli cooling pad dengan jumlah kipas yang lebih banyak.

d. Kecepatan kipas

Kecepatan putaran kipas per menit atau RPM (revolution per minute) juga menentukan kecepatan cooling pad untuk bekerja maksimal menurunkan suhu laptop. Semakin cepat atau semakin tinggi RPM yang digunakan menentukan kecepatan kinerja cooling pad.

e. Tingkat kebisingan

Tingkat kebisingan merupakan salah satu hal penting untuk sebagian orang karena dapat mengganggu kenyamanan ketika bekerja di depan laptop. Sehingga sebaiknya memilih cooling pad dengan tingkat kebisingan yang lebih kecil. Tingkat kebisingan dapat diketahui melalui nilai dBA, semakin besar nilainya maka semakin besar pula tingkat kebisingannya.

f. Arah kipas

Arah kipas pada cooling pad ada dua yaitu arah ke dalam (arah atas atau mengembuskan angin ke dalam) dan arah ke luar (bawah yaitu mengambil panas laptop dan mengeluarkannya ke bawah). Arah kipas ke dalam maupun keluar memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kipas dengan arah ke dalam akan mendinginkan laptop secara cepat karena angin dapat langsung masuk ke dalam laptop namun debu juga akan mudah masuk kedalam laptop. Sementara pada kipas dengan arah keluar tidak akan menyebabkan debu masuk ke dalam laptop namun suhu pada laptop tidak akan bisa diturunkan dengan baik seperti kipas dengan arah ke kedalam. Sehingga terkait arah kipas, sebaiknya memilih yang sesuai dengan preferensi Anda.

g. Bahan cooler laptop

Sebaiknya pilih cooling pad yang terbuat dari bahan besi, aluminium dan sejenisnya (bahan yang dapat menghantarkan panas). Bukan berbahan plastik karena tidak dapat membantu mengurangi panas pada laptop. Walaupun harga cooling pad berbahan plastik lebih murah daripada bahan yang dapat menghantarkan panas.

Demikian beberapa tips untuk membantu Anda memilih cooling pad yang tepat untuk laptop Anda. Dapatkan cooling pad laptop berkualitas dari SQ One dengan harga bersaing.Semoga bermanfaat.



Sumber: http://trik-iqbal.blogspot.com




Artikel Pilihan Lainnya


Tips Memilih Kipas Laptop (Cooling Pad)

Artikel / Tips / Memilih Cooling Pad

Tips Memilih Mug yang Berkualitas

Artikel / Tips / Memilih Mug

Penting! Tips Memilih Meja Laptop yang Tepat

Tips dan Trik / Tips Memilih Meja Laptop yang Tepat

Cheese Mug Cake Lezat untuk Menemani Sore Anda

Cheese Mug Cake Lezat untuk Menemani Sore Anda / Informasi Umum

Pilihan Cangkir yang Aman Untuk Mengonsumsi Minuman Anda

Informasi Umum / Pilihan Cangkir yang Aman Untuk Mengonsumsi Minuman Anda