Powerbank merupakan salah satu solusi untuk menghindari kehabisan daya baterai pada smartphone. Karena bersifat portable atau mudah dibawa ke mana saja, maka Anda tidak perlu mencari stop kontak untuk mengisi daya. Melainkan dapat dilakukan dimanapun, dan kapanpun saja.

Namun, saat ini terdapat berbagai macam jenis power bank yang beredar di masyarakat. Maka, sebaiknya kita dapat bijak dalam memilih powerbank yang sesuai dengan perangkat pintar yang kita gunakan.


1. Sesuaikan dengan Kapasitas Baterai Ponsel

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat akan membeli power bank adalah mencari power bank yang sesuai dengan kapasitas baterai smartphone. Sebaiknya pilih powerbank dengan kapasitas daya baterai dua kali lipat daripada ponsel Anda. Hal ini agar ponsel dapat terisi kembali secara penuh dan Anda masih memiliki sisa daya pada powerbank untuk digunakan lagi di lain waktu.


2. Samakan nilai arus power bank dengan ponsel

Semakin besar arus daya yang dialirkan, maka semakin cepat pula baterai smartphone akan terisi. Namun arus daya memiliki peran yang penting dalam penggunaan smartphone. Sehingga sebelum membeli power bank sebaiknya cek terlebih dahulu nilai arus powerbank incaran Anda, lalu samakan dengan arus daya ponsel. Jika arus yang dibutuhkan 2 ampere, maka pilih power bank dengan nilai arus yang sama. Hal ini bertujuan agar pengisian baterai oleh powerbank dapat berjalan normal. Penyamaan arus tersebut akan mempengaruhi umur baterai, sehingga lebih awet. Anda dapat melihat nilai arus pada kemasan powerbank dan kardus ponsel atau biasanya terdapat pada keterangan kepala charger.


3. Pastikan kualitas barang, bukan harganya

Kualitas memang menentukan harga suatu barang, namun sebaliknya harga tidak menentukan kualitas barang. Sehingga Anda perlu berhati-hati untuk membeli suatu barang. Bukan terpenting mahal, tapi coba untuk melihat kualitas dari barang tersebut. Jika Anda ditawarkan produk powerbank dengan kapasitas besar dan harga murah, Anda perlu memperhatikan dengan jeli kualitas dari barang tersebut. Boleh jadi barang tersebut merupakan barang palsu atau dalam kondisi yang cacat dan membahayakan perangkat Anda.


4. Perhatikan garansi produk

Sebaiknya pilih powerbank dengan jaminan garansi produk yang resmi dan relatif lama, minimal 6 bulan atau 1 tahun. Garansi resmi yang dimaksud bukan garansi toko ataupun personal. Karena saat ini banyak beredar produk tiruan yang ditawarkan dengan harga murah dan memberikan garansi 1 tahun, namun bukan garansi resmi.


5. Pilihlah produk yang sesuai dengan budget

Beli produk yang sesuai dengan budget Anda karena tentu tidak akan membebani perencanaan keuangan Anda. Karena saat ini banyak tersedia powerbank berkualitas dengan harga terjangkau. Terdapat beberapa merek unggulan dengan harga kategori menengah ke bawah.

Berikut merupakan tips yang dapat Anda gunakan untuk membantu Anda dalam membeli power bank impian Anda. Namun daripada itu, kami juga menyarankan untuk sebisa mungkin mengisi daya baterai dengan charger asli lewat stop kontak untuk menghindari kerusakan atau menurunnya kondisi smartphone Anda.



Sumber: https://review.bukalapak.com



Artikel Pilihan Lainnya


Tips Memilih Mug yang Berkualitas

Artikel / Tips / Memilih Mug

Mengenal Ragam Daya Power Bank

Mengenal Ragam Daya Power Bank / Informasi Umum

Penting! Tips Memilih Meja Laptop yang Tepat

Tips dan Trik / Tips Memilih Meja Laptop yang Tepat

Tips Rahasia Merawat Sendok Tembaga

Tips Rahasia / Merawat Sendok Tembaga