Keramik adalah jenis benda yang dapat ditemui dengan mudah dimana saja. Seperti halnya cangkir, piring, mangkok, dan peralatan makan lainnya yang Anda gunakan di rumah. Tidak hanya itu, keramik juga digunakan untuk mempercantik lantai dan dinding bangunan. Permukaan keramik umumnya sangat halus, mengkilat, licin atau doff.

Sekaran ini penggunaan keramik pada peralatan makan semakin diminati banyak orang, seperti mug atau cangkir. Selain karena kegunaannya untuk menikmati minuman favorit, tampilan mug keramik yang unik dan elegan juga menjadi alasan banyak orang untuk menggunakannya.hanya karena terbuat dari tanah liat, sifat keramik menjadi sangat rapuh dan mudah pecah jika tidak dirawat dengan baik. Nah, berikut adalah tips yang dapat Anda lakukan untuk merawat mug keramik Anda.




1. Gunakan kain kering untuk menyingkirkan debu pada permukaan keramik

Sebaiknya gunakan kain microfiber dengan tekstur kain yang halus untuk membersihkan mug keramik dari debu yang menempel. Kain jenis ini memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menarik partikel – partikel debu tanpa melepaskannnya ke bagian lain.


2. Simpanlah di tempat yang kering dan tidak rawan jatuh

Sebaiknya Anda cermati dalam memilih tempat penyimpanan mug. Pastikan tempat tersebut kering dan tidak lembab untuk menghindari munculnya keretakan yang bisa membuat mug menjadi rapuh. Pastikan juga tempat penyimpanan mug tidak rawan jatuh, karena keramik juga mudah pecah terhadap goncangan. Anda dapat menyimpannya di dalam lemari kaca atau rak kayu yang memiliki sirkulasi udara baik.


3. Hindari bahan kimia untuk membersihkan permukaan keramik

Mug keramik bisa mudah pecah jika tidak dirawat dengan baik meskipun mug terlihat kuat dan kokoh. Untuk merawat permukaa mug, sebaiknya hindari pemakaian bahan kimia saat mencucinya dan pastikan Anda sudah memilih sabun cuci yang lembut untuk membersihkan mug.


4. Cuci mug keramik dengan air hangat

Pastikan Anda tidak menggunakan air yang terlalu dingin atau panas saat membilas benda – benda keramik atau berbahan porselen. Apalagi jika mug keramik Anda memiliki pinggira logam pada sisi – sisinya. Jika terkena panas, bagian logam tersebut akan mudah rusak dan terkelupas. Jadi, pastikan air yang Anda gunakan untuk mencuci dan membilas mug adalah air hangat.


5. Pilih spons bertekstur lembut

Selain memilih sabun yang lembut, pemilihan spons untuk mencuci mug keramik juga perlu diperhatikan, jika spons yang digunakan kasar dan rusak, maka bisa saja permukaan mug Anda terkikis dan tidak mengkilat lagi. Maka dari itu, lebih baik Anda memilih spons dengan material busa yang lembut.


6. Gunakan bubuk soda kue untuk menyingkirkan noda pada mug keramik

Teh dan kopi seringkali memicu munculnya noda membandel pada permukaan dalam mug. Jika tidak dibersihkan dengan tepat, noda tersebut akan semakin sulit dihilangkan dan mengurangi keindahan tampilan mug. Anda tidak perlu khawatir, karena bubuk soda kue dapat membantu Anda dalam menyingkirkan noda tersebut.

Caranya mudah, taburkan bubuk soda kue pada spons cuci piring yang basah kemudian gosokkan secara perlahan dan lembut pada permukaan mug yang bernoda. Jika Anda tidak menemukan soda kue, Anda bisa menggantinya dengan pasta gigi. Namun, pastikan pasta gigi Anda tidak mengandung bahan kimia yang mampu mengikis lapisan porselen.



Sumber: qlapa.com



Artikel Pilihan Lainnya


Cara Merawat Sendok dan Garpu

Artikel / Cara Merawat Sendok dan Garpu

Cara Praktis Mengasah Pisau dengan Mug

Artikel / Cara mengasah / Mug