Banyak orang tahu bahwa laptop merupakan sebuah sistem komputer yang portable. Dengan menggunakan laptop, Anda dapat berpindah – pindah lokasi untuk menggunakan sistem komputer ini. Mulai dari rumah ke kantor, café, Anda bisa bersama terus dengan laptop.

Meski laptop dapat dibawa kemana saja, namun ada beberapa tempat yang tidak bisa Anda gunakan untuk menaruh laptop. Salah satunya adalah di atas kasur. Anda pasti penasaran? Nah, berikut adalah alasan bahaya menggunakan laptop di atas kasur.

Menggunakan laptop di atas kasur biasanya cukup sering dilakukan oleh banyak orang. Alasan utamanya biasanya karena ingin main laptop dengan posisi tiduran. Namun, sebaiknya Anda tidak melakukan hal tersebut.



1. Membuat Hard Disk Berguncang

Alasan yang pertama adalah membuat hard disk berguncang. Hard disk adalah sebuah piringan seperti CD atau DVD yang berputar dengan sangat cepat. Karena permukaan kasur yang empuk, hal ini akan membuat laptop berguncang.

Hal ini tentu saja akan membuat hard disk Anda juga ikut berguncang. Karena guncangan hard disk, besar kemungkinan piringan hard disk Anda menjadi tidak stabil dan lecet. Akibatnya hard disk Anda menjadi cepat rusak, bahkan bisa saja rusak total.



2. Papan Ketik Laptop Menjadi Tidak Nyaman (Opsional)

Alasan selanjutnya adalah Anda tidak dapat melakukan pengetikan secara maksimal. Pada dasarnya, sebuah laptop didesain untuk digunakan dalam posisi duduk seperti sebuah komputer pada umumnya.

Selain karena alasan pengetikan dengan posisi tiduran, juga karena permukaan kasur yang empuk. Hal ini membuat keyboard laptop terguncang. Dengan begitu, akan membuat Anda kesulitan berkoordinasi dengan setiap tombolnya.



3. Membuat Sirkulasi Panas Laptop Tidak Lancar

Alasan terakhir adalah sirkulasi panas laptop tidak lancar saat di atas kasur. Banyak model laptop yang mempergunakan bagian bawah laptop sebagai intake untuk ventilasi udara. Karena permukaan kasur yang tidak rata dapat menutup lubang ventilasi udara tersebut.

Memang laptop Anda tidak akan langsung rusak begitu saja. Namun hal ini dapat dipastikan akan membuat laptop cepat rusak. Penyebabnya sudah jelas, karena panas berlebih.



Solusi Apabila Terpaksa Harus Pakai Laptop Di Atas Kasur

Jika ada suatu kondisi yang mengharuskan Anda untuk menggunakan laptop di atas kasur, Anda dapat memakai meja kecil portable. Dengan menggunakan meja portable ini, Anda kemungkinan dapat mengatasi masalah nomer 3.

Untuk mengatasi masalah nomer 1, Anda dapat mengganti hard disk Anda dengan SSD. Pada dasarnya sama – sama memiliki fungsi yang sama, namun SSD sudah tdak menggunakan sistem piringan berputar lagi. SSD sudah menggunakan flash memory yang anti terhadap getaran.

Meski Anda memakai meja portable dan SSD, hal ini tidak akan mengatasi masalah nomer 2. Karena dudukan meja kecil portable akan tetap berada di atas kasur dan mengguncang keyoboard laptop. Satu – satunya cara adalah dengan mengusahakan agar Anda tidak banyak bergerak.




Artikel Pilihan Lainnya


Kelebihan Menggunakan Headset dibandingkan Loudspeaker

Informasi Umum / Kelebihan Menggunakan Headset dibandingkan Loudspeaker

Tips Mengabadikan Momen Saat Liburan

Tips Mengabadikan Momen saat Liburan / Tips & Trik