Mendengarkan musik tanpa speaker, pasti terasa kurang asyik. Namun terkadang, sebagian orang kerap tidak memperhatikan perawatan untuk perangkat yang satu ini. Padahal jika speaker tidak pernah diurus, akan berakibat fatal. Salah satunya adalah kualitas suara yang menjadi kurang baik. Lantas, bagaimana cara merawatnya? Simak ulasannya berikut ini:



Kenali Kemampuan Speaker

Cara pertama merawat speaker agar kualitas suaranya tetap terjaga, adalah dengan memahami kemampuan suara yang dihasilkan. Pada saat menggunakanya, pastikan volume music player tidak melebihi 75% agar suara yang terdengar tetap nyaman. Namun jangan sampai kemampuan speaker dipaksakan, karena dapat membuat membran loud cepat rusak. Selain itu, jika Anda hendak mengaktifkan atau menonaktifkan speaker, pastikan volume pada speaker telah dikecilkan. Hal ini bertujuan agar speaker tidak bekerja secara spontan, dan menjaga kualitasnya tetap dalam kondisi baik.


Lepaskan Kabel Jika tidak Digunakan

Biasanya, beberapa orang sering membiarkan kabel power speaker terus terhubung di stop kontak. Tanpa disadari, hal inilah yang kerap membuat speaker mudah rusak. Maka dari itu, sebaiknya lepaskan kabel power, apabila speaker sudah tidak digunakan selama berhari-hari. Selain menjaga kualitas yang tetap baik, hal ini tentu akan menghemat konsumsi daya listrik juga, bukan?


Selalu Perhatikan Spesifikasinya

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan spesifikasi speaker Anda! Karena, hal ini perlu diketahui secara persis guna menilai kualitas speaker saat digunakan. Spesifikasi juga berfungsi untuk mengetahui karakter dari speaker itu sendiri. Selain itu, hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah dayanya. Ini sangat berguna bagi Anda, yang menggunakan speaker dan power unit beda merk serta dayanya. Baiknya, gunakan power unit dengan selisih daya yang lebih kecil, dibanding daya speaker.


Perhatikan Suhu Ruangan

Suhu ruangan tentu sangat berpengaruh pada kualitas suara pada sebuah perangkat musik, salah satunya adalah speaker. Menyimpan atau menggunakan speaker dalam lingkungan yang panas, akan menyebabkan kualitas suara menurun perlahan, serta memperpendek jangka hidup speaker. Oleh karena itu, tempatkanlah pada ruangan yang sejuk, dan jauhkan dari sinar matahari langsung. Hal lain yang mesti diperhatikan adalah kelembaban. Ruangan yang memiliki kelembaban tinggi, juga tidak baik untuk speaker. Namun bila terpaksa harus menggunakannya di luar ruangan, pastikan Anda mencari solusi untuk melindunginya dari curah hujan. Karena, tetesan air hujan dalam jumlah sedikit saja, dapat merusak kerucut bass speaker internal dan menyebabkan karat pada bagian dalam speaker.


Dibersihkan Secara Rutin

Debu, merupakan musuh utama speaker. Akan tetapi, menghindari debu adalah hal yang sangat mustahil. Solusinya, Anda dapat menggunakan penyedot debu, untuk membersihkan bagian-bagian speaker secara berkala. Jangan pernah membiarkan debu menumpuk pada speaker Anda! Karena hal ini dapat mempengaruhi kualitas suara. Selain itu, jangan pernah menggunakan air atau lap basah ketika akan membersihkannya. Cukup gunakan lap kering atau kuas.



Sumber: www.wellcommshop.com



Artikel Pilihan Lainnya


Cara Merawat Sendok dan Garpu

Artikel / Cara Merawat Sendok dan Garpu

Cara Mudah Merawat Mug Keramik

Tips / Merawat Mug Keramik

8 Cara Membersihkan Gadget agar Terlihat Baru

8 Cara Membersihkan Gadget agar Terlihat Baru / Tips dan Trik

Cara Memperbaiki Masalah Koneksi Bluetooth Speaker

Tips dan Trik / Cara Memperbaiki Masalah Koneksi Bluetooth Speaker